Berwisata ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

Jika anda berkunjung ke Pulau Lombok, agaknya anda akan sangat menyesal jika tidak mengun

Gili Trawangan

jungi Tiga Gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Tiga

pulau di sebelah barat laut Pulau Lombok ini merupakan salah satu surga bagi wisatawan mancanegara.

Jika merujuk kepada situs wikipedia, disebutkan bahwa Gili Trawangan (pulau terbesar dari ketiga Gili tersebut) yang memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km ini hanya berpenduduk sekitar 800 jiwa. Uniknya, di pulau ini tidak ada satupun kendaraan bermotor karena memang dilarang oleh aturan setempat.

Jangan bayangkan bahwa anda akan berada di pulau yang sepi dan terpencil, karena jika sore dan malam hari, Gili Trawangan berubah menjadi tempat wisata malam yang dapat dikatakan hampir lengkap dan selalu ramai. Mulai dari hotel mewah, restoran yang menjajakan seafood di sepanjang pesisir pantai, hingga Bar Irlandia semuanya ada di sini.

Salah satu yang unik, ada “bioskop” dadakan dengan tajuk “watching movie on the beach side”. Di papan depannya terpampang judul film Inglorious Bastards dan The Imaginarium of Doctor Parnassus.

keliling Tiga Gili dengan Glass Bottom Boat

Ketika saya berkunjung ke sini, para wisatawan yang saya temui mayoritas justru dari mancanegara. Warga negara Indonesia hanya terlihat beberapa saja, selain penduduk lokal.

Memang, untuk menuju tempat ini wisatawan memiliki banyak pilihan rute. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan Speed Boat langsung dari Pelabuhan Padang Bai, Bali. Banyak turis bule yang setelah dari Bali langsung menuju ke Gili Trawangan dengan cara ini ataupun sebaliknya. Meskipun bisa dikatakan pilihan ini termasuk yang mahal. Sekitar 660ribu rupiah sekali jalan.

Pilihan yang lebih murah adalah dari arah Mataram, menuju pelabuhan kecil bernama Bangsal. Ditempuh sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Mataram. Jika anda menggunakan jasa travel mungkin akan kena biaya 60ribu sampai dengan 80ribu, atau sekitar 100ribu jika dengan taxi. Dan harga tiket menyeberang dengan perahu kecil hanya seharga 10ribu rupiah.

Uniknya, perahu ke Gili tidak akan berangkat jika penumpang kurang dari 12 orang. Jadilah anda harus menunggu perahu tersebut ngetem layaknya angkutan kota. Tapi jika masih dalam interval pukul 8 hingga 10 pagi agaknya tidak perlu terlalu lama menunggu perahu penuh untuk menyeberang ke atau dari Gili.

Soal penginapan tersedia banyak pilihan. Hotel mewah bintang tiga ada. Mau yang murah, penginapan ala hostel yang per malam hanya 100ribuan ada. Yang tipe bungalow juga tersedia sekitar 150ribu per malamnya. Ada yang berAC atau yang cukup dengan kipas angin. Silahkan pilih sesuai dengan kocek anda.

Aktivitas yang umumnya dilakukan oleh wisatawan di tiga Gili adalah berenang, snorkling, atau bahkan diving. Di Gili Trawangan sendiri anda akan sangat mudah menemukan tempat yang menyewakan peralatan snorkling atau diving. Di beberapa tempat bahkan menyediakan kursus diving dengan sertifikat PADI.

di tepi pantai dengan latar belakang Gunung Rinjanji

Jika anda ingin snorkling sambil mengelilingi ketiga Gili anda bisa ikut paket tur sekitar pukul 10.30 pagi. Dan tur ini hanya sekali sehari. Biayanya sekitar 100ribu per orangnya.

Selepas keliling tiga Gili, biasanya kita diantarkan ke sebuah restoran di tepi pantai di Gili Air. Nama restorannya adalah Turtle. Menunya lumayan enak meskipun harganya tidak termasuk murah. Tapi selain makanannya, mereka menawarkan view yang tidak kalah menariknya.

Jika tidak ingin menggunakan perahu sebenarnya kita juga bisa snorkling di sekeliling pulau. Keindahan aneka terumbu karang di tiga Gili ini memang layak diacungi jempol. Jika anda beruntung mungkin dapat berjumpa dengan penyu ketika berenang atau snorkling.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan misalkan keliling pulau dengan sepeda. Rental sepeda juga sama banyaknya dengan penyewaan alat snorkling di pulau ini. Sementara bagi para wisatawan bule, mereka lebih senang berjemur atau bersantai di pondok-pondok di tepi pantai sambil menikmati minuman dingin dan membaca buku.

Kalau anda memiliki banyak waktu untuk liburan, sangat dianjurkan untuk meluangkan waktu lebih dari 3 hari di tiga Gili ini. Karena memang tempat yang sangat nyaman untuk melarikan diri dari dunia rutinitas. Jadi, tidak ada salahnya jika anda mencatat jadwal liburan anda kali ini ke Gili di Lombok.

Gili Trawangan, 25—26 April 2010

42 thoughts on “Berwisata ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

  1. lanjutan komentar : tapi ya pak.. malu juga, orang indonesia milih jalan keluar negri padahal negaranya punya tempat wisata yang gak kalah berkelasnya.. mendingan ngeluarin 10 juta buat keliling pulau indonesia daripada 10 juta buat ke japan :p

    • iya, menjelajah Indonesia saja belum selesai, hehe tp gada salahnya juga sih keluar negeri jika tujuannya memang untuk mengenal budaya negara lain, ya tergantung niat dan motivasinya saja

    • padahal kmrn juga niat lanjut ke Labuan Bajo dan Komodo, tapi apa daya waktunya sangat kurang, mungkin lain kali

  2. katanya “mengenal diri sendiri dulu baru orang lain”..
    sebenernya bagusan “mengenali negara sendiri dulu baru negara orang lain” atau “mengenali negara lain baru negara sendiri” atau “dua-duanya dijalankan bersamaan?” …
    hehehhe😀

  3. kalau mau kesana lagi, bilang-bilang pak.. biar saya omongin sama kakak disana..hehehe..
    saya juga ada teman diflores.. dia anak pecinta alam gitu.. bapak bisa naik gunung sama..hehehe😀

  4. Kalau boleh, saya mohon infonya mengenai penginapan yang murah di sana? yang sesuai dgn kantong mahasiswa. hehe. thx.

    • wah maaf saya gk punya info detilnya, tapi kisaran harga dsana 150-200ribuan untuk yang termurah, pilihannya banyak kok tenang saja. sekedar tips, kalau bisa pilih penginapan yang agak jauh dari dermaga atau dari pusat keramaian. selain lebih murah, juga tidak terlalu bising, semoga bermanfaat

  5. Pak, bapak ke Pulau Gili? Sungguh????
    Zahara tau Gili cuma dari Novel Matahari Di Atas Gili, tu novel saya pinta dari penulisnya Lintang Sugianto… di novel itu, memang pernah ada orang luar yang ingin mengkomersilkan Gili. tapi penduduk Gili melarang…
    dan ternyata,, sekarang… hotel pun udah ada ya??? wew

    • iya, di sana sudah ramai sekali bahkan jadi semacam lokasi favorit baru buat turis-turis bule yang sudah jenuh dengan Bali, malahan susah kalau mau cari turis lokal di sana

  6. ya ampun… Bali ke dua dong… ih pengen banget kesana.. tapi ongkosnya mahal banget ya😦
    Tapi kok bisa ya sampai bahkan ada bar segala, padahal masyarakat Gili sangat menghargai tanah kelahiran mereka (kata di novelsih)

    • Masalahnya adalah mereka kan butuh uang untuk penghidupan. Sejauh ini “tradisi” yang masih bisa dipertahankan cuma soal tidak boleh ada kendaraan bermotor di sana. Tapi sepertinya itu juga lebih sebagai strategi pariwisata semata. Yah, seringkali apa yang digambarkan di novel kan belum tentu sama dengan realitas yang ada di sana. Tapi lumayan menyenangkan kok suasana dan pemandangan di sana, lebih bagus daripada Bali sekalipun kalau menurut saya.

  7. waduh, pengen kesana bulan juli nanti,
    yang paket snorkel nya dimana nya? ad rekomendasi? harga nya 100 rbu ya? bukan 75 ribu.
    oh ya, mau tny kalo bangsal-senggigi ada angkutan umum nya ga?
    thx before

    • paketan snorkle banyak banget yg nyewain di pinggir pantai jd gak usah bingung nyarinya. setau saya sih gak ada angkutan umum, pilihannya mungkin taxi klo senggigi-bangsal mgkn cm kena 50ribuan, tp opsi lain seperti travel juga disediakan di dekat bangsal. selamat berlibur🙂

  8. sepertinya menarik sekali ke gili, jadi menyesal dulu nolak diajakin temen2 ke lombok😦.
    Blog nya bagus lho, tulisannya enak dibacanya, walopun yg kubaca ga semua ngerti hahaha.

  9. saya mau nanya yang tour 3 snorkeling3 gili itu dong? harus booking dulu ga?
    dimana daftar nya? diajarin cara snorkeling ga bagi yg pemula?
    trus alat snorkel termasuk pelampung di pinjamin juga?
    maaf ya byk nanya? soalnya pengen baget ikut yg tour snorkeling 3 gili itu
    thx before ya🙂

    • bisa booking kalau sudah tiba di Gili Trawangan, tempatnya ada di dekat dermaga ketika pertama kali tiba di sana. bisa tanya-tanya ke warga sekitar pasti ditunjukkan ke tempatnya. biasanya ada tour guide dan instrukturnya dan sudah termasuk sewa semua perlengkapan snorkling nya jadi tidak usah khawatir🙂 semoga bermanfaat ya

  10. mao tanya donk ka, kalo dr bandara ingurahrai bali ke gili enakna naik apa ya selain pesawat, rencana saya mo ada trip ala backpakers kesana oktober akhir ini, mohon infona ka, trims,,

    • biasanya ada travel dari bandara ke pelabuhan padang bai, dari sana nyebrang naek ferry, lanjut travel lg ke mataram atau senggigi, baru bisa nyambung lg ke gili

      • JIka ke Gili yang paling praktis adalah naik fastboat. Jadi kita akan dijemput oleh perusahaan fastboat di hotel tempat kita menginap dan langsung diantar ke padang bai dan nanti langsung naik Fast Boat. Jadi hanya 1,5 jam di laut kita sudah bisa menginjakkan kaki di Gili Trawangan. Cuma Ini di rekomendasikan jika dari Bali. Harga Fast Boat Service hanya 300rb – 400rb sudah termasuk penjemputan dibandara dan snack box di atas kapal.

  11. permisi mas..mau nanya nih.

    kalau mau ke gili trawangan lebih murah naik pesawat ke denpasar terus nyambung ferry atau naik pesawat ke mataram? soalnya saya agak bingung soal murah-mahal harga tiket pesawat+ ferry. apalagi saya dari jakarta. hehehe

    oiya mas, penginapan yg mas sebut di blog ini lokasinya di senggigi atau di gili trawangan yaa?

    mohon masukan dan sarannya ya..

    terima kasih mas..

    • saya kebetulan berangkat dari Denpasar karena menghadiri seminar sebelumnya dan lanjut naik Ferry via Padang Bai ke Pelabuhan Lembar di Lombok. Akan tetapi repotnya tidak ada transportasi yang langsung menuju Gili jika dari Lembar, alhasil saya harus transit semalam di Senggigi dan baru esoknya naek travel ke Gili. Mungkin akan lebih mudah dan murah (relatif sih) jika dari Jakarta langsung naik pesawat menuju bandara di Mataram.

      Penginapan yang saya cerita itu letaknya di dekat dermaga di Gili Trawangan.

      Semoga bermanfaat🙂

  12. Mau dong , informasi soal “bioskop” dadakan dengan tajuk “watching movie on the beach side” persisnya apa nama tempatnya? dan lokasinya di mana? saya rencana bulan Mei mau ke Lombok dan bener2 mau ke tempat yg unik di Lombok.
    Thanks

  13. mau nanya nih, kalo dari gili trawangan bisa ga dianterin ke gili meno buat main di pantai nanti di jemput lagi sore?

  14. mohon infonya dunk,,tgl 1 des sd 3 des mu ke lombok rencana stay di gili….
    mau infonya dunk akomodasi dan wisata yg hrs dkunjungi ,,..tetep yg murah…hihihi
    thks before

    • tergantung mau stay di gili yang mana. pengalaman saya dulu di gili trawangan langsung datang saja dan cari sepanjang pinggir pantai banyak penginapan yang bisa dibandingkan harganya, beberapa mungkin bisa reservasi online tp saya gk tau link-nya. kalau wisata yang dikunjungi mungkin lebih enak yang menawarkan wisata ke tiga gili karena bisa keliling semuanya, dan bisa untuk snorkling sekalian, atau mungkin diving (atau les diving) juga banyak ditawarkan di sana. maaf jika kurang banyak infonya, semoga berguna. have fun

  15. sy jga prnah liat pulau gili trawangan,meno,air.tpi dri jauh, dkt pelabuhan mau ke gili
    tpi gag pernah ke gili
    sekedar liat ajj

    hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s