Embassy Playground Festival 2009

Franz Ferdinand

Franz Ferdinand, Peter Hook, Sasha, Igor Cavalera (Mixhell), Chicane, adalah sejumlah musisi/DJ yang mengisi acara Embassy Playgound Festival 2009. Dance music festival tahunan ini diselenggarakan di Pantai Festival, Ancol Bay City, Jakarta pada 14 November 2009 yang lalu.

Dibagi ke dalam tiga area atau stage, Embassy Stage, Wonderbar Stage, dan Balcony Stage, masing-masing menghadirkan setlist musisi/DJ yang berbeda-beda.

Balcony Stage adalah panggung yang pertama kali membuka festival ini. Hanya berbentuk panggung kecil bertempat di Segara Beach, Balcony Stage terasa lebih ekslusif karena tempatnya yang juga tidak terlalu luas. Ical dari Basement House dan DJ Bone mengisi acara sementara penonton dapat sambil menikmati senja yang romantis dari tepi pantai di Segara Beach.

Peter Hook naik ke panggung sekitar pukul 19.00. Salah satu personel band legendaris, New Order ini langsung menghentak dengan memainkan sejumlah setlist dari bandnya tersebut. Blue Monday, Bizzare Love Triangle, Touched by the Hand of God, merupakan beberapa lagu yang mainkan. Radio dan Love Will Tear Us Apart dari Joy Division tidak lupa disuguhkan oleh Hookey.

Peter Hook

Crowd terasa semakin hangat karena mereka terlihat akrab dengan lagu-lagu yang dimainkan. Beberapa hits dari Britpop scene memang sengaja dimainkan oleh Hookey. Girls and Boys dari Blur, Galvanize dari Prodigy, atau Dare dari Gorillaz, atau Born Sleepy dari Underworld (soundtrack film Trainspotting).

Setelah bermain lebih dari 2 jam, Peter Hook undur diri dari panggung diiringi applause dari penonton.

hookey

Balcony Stage diambil alih kemudian oleh Novak 3D Disco. Sebelumnya, panitia membagi-bagikan kacamata 3D kepada penonton. Novak 3D Disco ini semacam perpaduan musik dengan visualisasi 3D. Jadi, penonton seakan diajak berdisko dengan efek visual 3 dimensi.

Beralih ke Embassy Stage, penonton disuguhkan dengan penampilan yang lebih berformat band dan bukannya DJ set. Di atas panggung band C.U.T.S yang mengusung musik “electroclash” tampil membawakan sejumlah lagu. Sebelumnya juga hadir band rock n roll asal Bandung, The S.I.G.I.T. Dilanjutkan dengan Agrikulture yang biasanya hadir dengan DJ-set, tapi kali ini tampil full-band.

Fandy Agrikulture

Memainkan sejumlah lagu, antara lain Gosip, Kompor Meledug, dan Electrify. Sementara untuk lagu Disko di Rumah dan Underground Trash Agrikulture dibantu oleh Edo dari The Safari untuk mengisi vocal bersama Fandy. Mereka juga sempat menyelipkan lagu baru yang rencananya akan dirilis bersamaan dengan album kedua mereka segera.

Selesai Agrikulture, sebagian penonton pindah ke Wonderbar stage untuk menyaksikan Chicane. Sementara buat yang masih bertahan di Embassy Stage disuguhnya DJ Remy. Dan agaknya penonton yang bertahan di sini lebih ingin menanti Franz Ferdinand yang akan tampil selanjutnya di stage ini.

franz ferdinand

franz ferdinand

Setengah jam kemudian giliran Franz Ferdinand naik pentas. Michael dibawakan sebagai lagu pembuka. Turn It On, This Fire, Leave Alone dimainkan beriringan. Agaknya setlist malam ini memang menghadirkan porsi lagu dari album terbaru mereka, Tonight.

“I love the sound of you walking away… walking away”, senandung penonton mengiringi lagu Walk Away. Dilanjutkan dengan lagu Tell Her Tonight dan Cant Stop Feeling. The Dark of Matinee, Do You Want To, Take Me Out, Ulysses, 40’, dan Outsiders.

Setelah encore, Franz Ferdinand kembali ke atas panggung. No You Girls dibawakan kemudian. Van Tango dan What She Came For menyusul selanjutnya. Sementara Lucid Dreams dijadikan lagu penutup.

Alex Kapranos from Franz Ferdinand

Igor Cavalera dan istrinya, yang membentuk duo Mexhell tampil selanjutnya di Embassy Stage.Sementara di stage lain juga hadir Johan Gielen+Drum Connection dan The Thrilseekers di Wonderbar stage, serta DJ Dade, Billy, serta DJ Hogi feat. Caroline Zachrie di Balcony Stage.  Sasha bermain sebagai DJ terakhir sekaligus penutup di Playground Festival 2009 ini.

Yearry Panji, Jakarta 15 November 2009

Thank to Rezki Endah Nurhani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s