Trakustik Merah-Putih

David Naif

David Naif

Trakustik, sebuah acara musik rutin yang diadakan oleh Trax FM, kali ini digelar di Hardrock Café, Plaza EX Jakarta pada 2 Agustus 2009. Dalam rangka menyambut bulan agustus (meski 17 agustus, hari kemerdekaan masih beberapa hari kemudian) acara kali ini mengusung tema merah-putih.

Menampilkan sejumlah grup musik sebagai pengisi acara, seperti Endah and Rhesa, The Banery, Pure Saturday dan Naif. Acara ini juga dibuka dengan beberapa speech yang lebih mirip kampanye tentang Indonesia Unite, sebuah gerakan kampanye “anti-terorisme” yang diusung melalui kalimat “Kami Tidak Takut”.

Endah and Rhesa tampil sebagai group musik pembuka. Duo yang juga merupakan couple ini memainkan sejumlah lagu dengan apik. I Don’t Remember, If You Love Someone, Baby Its You, adalah sejumlah lagu yang mereka tampilkan malam itu.

Endah & Rhesa

Endah & Rhesa

Dilanjutkan dengan penampilan band ala Beatles, The Banery. Kelompok musik yang merupakan finalis sebuah ajang kompetisi band indie ini membawakan sederet lagu yang agaknya sudah dikenal oleh penonton yang hadir. Terlihat banyak diantara mereka yang ikut serta bernyanyi bersama.

Pure Saturday, hadir selanjutnya. Setelah dibuka dengan beberapa patah kata dari Iyo sang vokalis, Later the Saddest World Down dimainkan sebagai lagu pertama. Dengan aransemen yang agak berbeda, lagu ini sebenarnya sangat jarang dimainkan sebagai lagu pembuka. Namun lagu ini tetap berhasil menarik para penonton untuk memberikan applause.

The Banery

The Banery

Terlebih ketika Buka dimainkan pada urutan selanjutnya. “Kita tak sendiri,” terdengar koor dari para penonton yang sebagian besar diantaranya adalah Pure People, sebutan bagi fans Pure Saturday. Coklat dimainkan di urutan ketiga. Pagi, Kosong, berada dibarisan selanjutnya.

“Lagu selanjutnya ini untuk Karina Soegarda. Soalnya katanya lagu ini Karina banget, “ ujar Iyo sebelum memulai lagu berikutnya. Desire.

Nyala menyusul kemudian. Dan terakhir ditutup oleh lagu Enough. Selesai lagu, semua personel Pure Saturday bersiap turun dari panggung.

Sayangnya, semua penonton malahan berteriak, “Lagi, lagi, lagi.” Alhasil, mereka batal turun panggung. Dan Spoken pun dihadirkan kepada penonton.

Iyo Pure Saturday

Iyo Pure Saturday

Pure Saturday selesai, Naif kemudian naik ke atas panggung. “Malam ini kami tidak akan membawakan lagu seperti yang biasanya, ujar David.

Rumah Yang Yahud tampil sebagai lagu pembuka. Lagu dari album pertama yang memang sudah jarang dimainkan dalam live performance Naif.

“Kali ini kami akan membawakan lagu orang. Lagu lama. Kalau tidak salah ini lagu ciptaan Ismail Marzuki, “ tutur David. Dan sebuah tembang lawas berjudul Juwita Malam pun mereka mainkan.

“Engkau gemilang, malam cemerlang, bagaikan bintang timur sedang mengambang, tak jemu jemu, mata memandang, aku namakan dikau juwita malam, “ lirih kumandang David.

Yang cukup menarik adalah ketika Naif memainkan lagu Curi-Curi Pandang yang dimulai dengan intro lagu Piknik 72. Penonton sempat bingung dan mengira ini adalah lagu Piknik 72. Sepertinya mereka memang sengaja “mencampur” kedua lagu ini.

“Kasihku, kau jauh dariku… kasihku, jauh sekali, “ tutur David di lagu selanjutnya. Jauh, lagu lawas yang menyebabkan mereka disebut Naif.

Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan, maka Naif memutuskan untuk memainkan salah satu lagu perjuangan. Juga agar sesuai dengan tema acara malam itu.

Jarwo Naif

Jarwo Naif

“Halo Pak Koki yang ada di dapur, “ sapa David. “Kok bajunya putih? Merahnya mana? Gak sesuai nih kostumnya sama acaranya, “ candanya.

Ibu Pertiwi. Para penonton yang hafal juga ikut serta bernyanyi. Suasana 17an terasa hadir malam itu di Hard Rock Café. Terakhir, Naif membawakan lagu Televisi. Acara pun selesai.

2 thoughts on “Trakustik Merah-Putih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s