Slimmer: Menjadi Kurus dengan Skinny Pants

pameran2-editGaleri Ruang Rupa pada Jumat 19 September 2008 lalu menyelenggarakan pameran foto bertajuk Slimmer. Pameran ini menampilkan sejumlah karya foto dari seniman muda lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Ary Sendy. Slimmer mengusung tema utama bagaimana celana sempit mampu mengesankan pemakainya menjadi terlihat kurus.

Melalui fotografi Ary Sendy ingin menceritakan betapa semakin banyak perempuan berlomba-lomba terlihat kurus. Caranya adalah dengan mengenakan skinny pants. Para perempuan tadi merasa nyaman memakai celana tersebut karena kelihatan lebih kecil, lebih kurus. “Saya mau memperlihatkan bahwa ada fenomena ini di Jakarta. Mudah-mudahan orang jadi berpikir soal ini,” ungkap Ary Sendy.

Ary Sendy kemudian menjelaskan tentang konsep karya fotonya, “Ya, ini dasar awalnya potret. Lalu ini bisa disebut foto fashion kalau saya ingin membuatnya seperti iklan. Ada satu orang yang sempurna seperti model iklan, ada yang lain yang mungkin memakai celana itu karena terpengaruh iklan.”

Menampilkan sejumlah seri foto, beberapa foto diambil dengan menggunakan sesi foto studio layaknya foto iklan. Model yang digunakan mulai dari ibu-ibu sampai anak sekolah. Sementara sesi foto yang lainnya diambil secara candid atas pengguna celana sempit ini di habitatnya. Di jalan, trotoar, pasar, supermarket, kampus, dan sebagainya.

Ary Sendy sebenarnya tidak secara khusus membuat kritik sosial melalui karya fotonya. Pameran foto ini lebih sebagai dokumentasi sosial terhadap fenomena skinny pants. Ade Darmawan kurator pameran tersebut menjelaskan, “Seri foto ini menjadi seri foto yang optimis dan simpatik yang memperlihatkan hubungan antara seorang perempuan-celana sempit-kamera.”pameran8-edit

Sementara itu Indra Ameng seorang pengamat seni berpendapat bahwa karena terbiasa melihat fenomena ini sehari-hari mungkin jadi terlihat bagus. Menurutnya, “Kita tidak aneh melihat orang bercelana seperti ini. Kita tidak lagi mempersoalkan pantas atau tidak.”

Mungkin pada awalnya kita aneh melihat fenomena orang-orang bermimpi terlihat kurus melalui skinny pants. Kelaziman pada akhirnya justru akan menjadikannya sebagai fashion. Dan Ary Sendy merekamnya dalam pameran foto Slimmer ini. (yearry)

pameran6-edit

One thought on “Slimmer: Menjadi Kurus dengan Skinny Pants

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s