Bicara tentang Komunikasi Massa

Bicara tentang komunikasi massa artinya bicara tentang media massa. Singkatnya, komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa. Konsep “media massa” secara sederhana dapat disebut sebagai sarana komunikasi yang ditujukan secara luas, dan dapat menjangkau hampir semua orang yang berada di wilayah tertentu atau lebih luas lagi. Media massa juga dapat merujuk kepada media yang sudah akrab dalam kehidupan masyarakat semacam surat kabar, majalah, film, radio, televisi, dan rekaman musik.

Media massa juga memiliki peranan yang signifikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Denis McQuail (2000: 4) mengatakan bahwa dalam ranah politik, media massa mampu berperan sebagai elemen yang penting guna menciptakan tatanan masyarakat yang demokratis. Media massa berperan sebagai arena atau ruang debat dan penyebarluasan berbagai macam informasi maupun opini yang berguna bagi kehidupan masyarakat itu sendiri. Media massa juga kini dilihat sebagai salah satu kekuatan yang memiliki fungsi legitimasi di dalam dunia politik. Oleh karenanya jangan heran jika kini banyak politisi berusaha menyebarkan pengaruhnya melalui kekuatan media massa.

Dari sudut pandang ekonomi, media massa dilihat sebagai institusi ekonomi yang semakin maju. Media massa telah berkembang menjadi industri: industri media, industri komunikasi massa. Komunikasi massa telah berubah menjadi industri yang menjanjikan.

Dan kini, makin banyak aspek kehidupan manusia yang dipengaruhi (bahkan ditentukan) oleh kekuatan media massa. Isu demokrasi, isu sosial-budaya, politik internasional, dan lain sebagainya, hampir keseluruhannya dipengaruhi oleh peranan media massa. Ternyata, komunikasi massa yang pada mulanya hanyalah suatu proses penyampaian pesan secara luas kepada publik, secara massif, baik dalam bentuk informasi, opini, cerita maupun hiburan, memiliki dampak bagi kehidupan manusia yang lebih dari yang dibayangkan sebelumnya.

Bagaimana jalannya praktek komunikasi massa di suatu negara atau wilayah tertentu pada dasarnya akan dipengaruhi oleh bagaimana tatanan masyarakat di mana media massa tersebut berada. Relasi antara media massa dan tatanan masyarakat itu sendiri berbeda antar wilayah dan waktu tertentu. Berbagai teori dan riset komunikasi massa pada nantinya akan berbeda bergantung kepada konteks dan dinamika di mana komunikasi massa tersebut berlangsung.

Berger dan Chaffee (1987: 17) mengatakan bahwa komunikasi massa adalah ilmu yang berupaya memahami produksi, proses, dan efek dari sistem simbol dan sinyal dengan pengembangan teori, dengan melakukan generalisasi, dan menjelaskan fenomena yang terkait dengan produksi, proses, dan efek komunikasi massa itu sendiri. Intinya, komunikasi massa berupaya menjelaskan praktek produksi, proses, serta efek komunikasi massa, serta berbagai dinamikanya yang berlaku di dalam masyarakat.

Jadi, mempelajari komunikasi massa artinya kita mencoba mencari penjelasan tentang bagaimana praktek media massa serta hubungannya dengan kehidupan masyarakat. Bagaimana proses produksi pesan media massa, bagaimana proses transmisi pesan dari media massa kepada publik secara luas, serta bagaimana konsekuensi dari pesan yang ditransmisikan dalam praktek komunikasi massa tersebut.

Referensi:

Berger, C.R, and Chaffee, S.H. (eds.), Handbook of Communication Science, Beverly Hills, CA: Sage,1987

McQuail, Denis, Mass Communication Theory, 4th edition, Thousand Oakes, CA: Sage, 2000

3 thoughts on “Bicara tentang Komunikasi Massa

  1. Media Massa memang tak bisa dipungkiri memegang peranan penting dalam pembentukan opini masyarakat. Bahkan di era globalisasi yang sarat dengan transformasi budaya, politik maupun ekonomi, media massa mampu menggelindingkan isu-isu yang terkadang memicu sebuah problematika baru. Untuk itu kita harus lebih obyektif dan cermat sebelum menjadi santapan provokatif dari media massa.

    Salam hangat, mahasiswa Ilmu Politik Unair.

    • teori-teori klasik media massa seperti agenda setting nyatanya masih berlaku juga untuk melihat fenomena praktek media massa dan pembentukan opini publik di Indonesia. benar, yang terpenting sebenarnya menghadirkan media literacy di tengah masyarakat agar mereka lebih cerdas dalam mengonsumsi pesan-pesan yang dilontarkan oleh media massa kita.

  2. hallo pak..
    mau tanya2 dong,,
    sy sedang skripsi tentang konstruksi media.
    sy ingin tahu tentang teori konstrusionis..
    dengan referensi buku na ya..
    terimakasih..
    tolong di reply ke email saya yahh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s